Waka Polda Bali Hadiri Kegiatan Pencanangan Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Desa Adat

lilikbadung, 04 Jun 2019,
Share w.App T.Me

GIANYAR - Waka Polda Bali Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha didampingi Dir Binmas Polda Bali Kombes Pol. Komang Suartana,S.H.,S.I.K, Kabidkum Polda Bali Kombes Pol. Mochamad Khozin,S.I.K.,S.H.,M.H. dan Kayanma Polda Bali AKBP Drs. I Made Surasman menghadiri kegiatan pencanangan Peraturan Daerah(Perda) Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Desa Adat di Bali, Selasa kemarin (4/6) bertempat di Wantilan Pura Samuan Tiga, Kabupaten Gianyar.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster tersebut dihadiri oleh seluruh bupati/walikota se-Bali, sulinggih dan pemangku, Parisada, Majelis Utama, Madya dan Alit Desa Pakraman, bandesa adat, kepala desa/perbekel, lurah, serta tokoh-tokoh dan perwakilan masyarakat. Menurut Gubernur Bali I Wayan Koster, Perda ini secara garis besar mengatur secara fundamental dan komprehensif mengenai berbagai aspek berkenaan dengan desa adat di Bali untuk menguatkan kedudukan, kewenangan, dan peran desa adat.

"Ini merupakan implementasi nyata dari visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali'melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru," ungkapnya. Melalui Perda ini, desa adat mempunyai otonomi yang berwenang mengatur dan mengurus daerahnya sesuai aspirasi dan kepentingan masyarakatnya sepanjang tidak bertentangan dengan tatanan hukum nasional dan kepentingan umum. "Tentu saja dengan catatan, lembaga, majelis dan tiap perangkatnya harus punya pemahaman yang menyeluruh akan kewenangannya," terangnya. Untuk menandai diberlakukannya Peraturan daerah tersebut dilaksanakan penandatangan prasasti dan penyerahan buku Peraturan Daerah oleh Gubernur Bali I Wayan Koster disertai foto bersama perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh adat. “ Ini merupakan Momentum untuk kita melestarikan kearifan lokal di bali” pungkasnya.(GUN)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami